Cara SMS Banking Bank BCA

SMS BCA adalah layanan informasi perbankan yang dapat diakses langsung oleh Nasabah melalui telepon selular atau handphone dengan menggunakan media SMS (Short Message Services). SMS Banking BCA merupakan salah satu fitur yang diberikan oleh bank BCA (Bank Central Asia) untuk para nasabahnya. 

Layanan SMS Banking memiliki banyak manfaat untuk memudahkan transaksi para nasabah Bank BCA.  Hanya dengan mengirimkan perintah khusus melalui SMS,  Kamu bisa mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan, di mana pun dan kapan pun.

Cara SMS Banking Bank BCA
Cara SMS Banking Bank BCA

Dengan memanfaatkan layanan SMS Banking BCA, pengguna bisa melakukan transaksi baik cek saldo, transfer, bayar tagihan, dan lainya melalui ponsel mereka. Caranya pun tidak terlalu sulit, karena setiap Nasabah yang memegang kartu ATM BCA berhak untuk menikmati fasilitas SMS Banking BCA. Namun pastinya, kamu harus mendaftar dulu untuk mengaktifkan layanan SMS Banking BCA kamu. 

Untuk dapat menggunakan fasilitas SMS Banking BCA, Nasabah harus memiliki SIM Card dari Operator Selular yang sudah bekerja sama dengan Bank BCA, diantaranya yaitu, GSM [Telkomsel (KartuHALO, simPATI, AS) Indosat (Matrix, Mentari, IM3), XL, Hutchinson (3), Axis] maupun CDMA [StarOne, Esia, SmartFren]. Dan kamu juga harus tahu KODE AKSES SMS BCA yang telah kamu pilih sendiri pada saat kamu melakukan registrasi di ATM BCA. 

Kamu dapat mendaftar di ATM BCA, namun layanan SMS Banking BCA yang kamu daftarkan melalui BCA ATM, hanya dapat digunakan untuk transaksi non financial, seperti : cek saldo, mutasi rekening dan informasi tagihan (kartu kredit BCA, Telkom, Kartu Halo, Matrix, Star One, XL, Flexy dan Speedy), perubahan nomor PIN SMS Banking BCAdan fasilitas bantuan.

Sedangkan untuk bertransaksi financial, seperti : transfer, pembayaran tagihan dan isi ulang pulsa, kamu diwajibkan datang ke cabang BCA terdekat untuk mengaktifkan layanan transaksi financial, dengan membawa struk registrasi kamu di BCA ATM atau tunjukkan SMS notifikasi.

Nah, jika kamu ingin melakukan Registrasi dan Aktivasi SMS Banking BCA melalui kantor BCA, kamu bisa datang langsung ke kantor BCA atau kantor cabang BCA terdekat dengan membawa Kartu Indentitas diri (KTP, SIM, Passport) dan bukti kepemilikan rekening perorangan (Taplus dan derivatifnya dan Giro perorangan) dan / atau BCA Card. Selanjutnya, petugas BCA akan membantu Kamu untuk melakukan proses registrasi & aktivasi BCA SMS Banking.

Cara daftar melalui ATM

  • Pergi ATM BCA terdekat, kemudian masukkan kartu ATM dan masukan PIN kamu.
  • Kemudian pada layar pilih menu E-banking/Autodebet
  • Pilih lagi menu SMS BCA. Kemudian tampil: pernyataan setuju dengan syarat dan ketentuan yang berlaku serta meminta nomor Ponsel Kamu.
  • Masukan nomor HP. Kemudian Muncul : menu untuk memasukkan kode akses (kode ini sifatnya rahasia nantinya akan kamu gunakan setiap melakukan transaksi SMS Banking)
  • Masukkan 4 digit kode akses sesuai pilihan. Setelah itu: Muncul sekali lagi untuk memasukkan ulang kode akses, masukan sekali lagi kode akses yang sama dan pilih Benar
  • Pilih Ya untuk persetujuan konfirmasi nomor Handphone. Selanjutnya: Mesin ATM mencetak struk bukti pendaftaran sms banking Kamu. Simpan berkas tersebut.


SMS BCA akan diblokir jika Nasabah melakukan hal berikut

1. Salah memasukkan KODE AKSES SMS BCA sebanyak tiga kali berturut-turut.
2. Mengajukan penggantian kartu ATM BCA.
3. Mengajukan pemblokiran kartu ATM BCA karena hilang atau dicuri.
4. Melaporkan SIM Card hilang/dicuri/dipindahtangankan kepada pihak lain.
* Apabila terjadi pemblokiran SMS BCA, maka Nasabah harus melakukan registrasi SMS BCA ulang di ATM BCA.

Tarif BCA SMS Banking

Biaya layanan SMS BCA:
Bagi pelanggan prabayar : akan memotong pulsa.
Bagi pelanggan pascabayar : akan menambah jumlah tagihan bulanan ponsel.

Tarif layanan SMS BCA

Tarif GSM = Rp 800 - Rp 900 
Tarif CDMA = Rp 400 - Rp 550 
* Sudah termasuk PPN 10%

Cara Transaksi melalui BCA SMS Banking 

1. Cek Saldo
Saldo < spasi > ( KODE akses ) kirim ke 69888
Contoh:
SALDO 1234 kirim ke 69888

2. Mutasi Rekening
Mutasi < spasi > ( KODE akses ) kirim ke 69888
Contoh:
MUTASI 1234 kirim ke 69888
Jika memiliki beberapa rekening BCA
Mutasi < spasi > ( KODE akses ) < spasi > ( NO.REK ) kirim ke 69888
Contoh:
MUTASI 1234 1234567890 kirim ke 69888
Ket:
Digunakan untuk mengecek mutasi rekening tertentu yang terhubung dengan kartu Paspor BCA kamu  ( misal : 1 kartu Paspor BCA terhubung dengan lebih dari 1 rekening)

3. Isi Ulang Pulsa
Pulsa < spasi > ( nominal dalam ribuan ) < spasi > ( kode akses ) kirim ke 69888
Contoh:
PULSA 100 1234 kirim ke 69888

4. Informasi Kupon Undian
Kupon < spasi >( kode akses ) kirim ke 69888
Contoh:
KUPON 1234 kirim ke 69888
Untuk mengecek nomor kupon dari rekening tertentu yang terhubung dengan kartu Paspor BCA (Misal : 1 kartu Paspor BCA terhubung dengan lebih dari 1 rekening), gunakan perintah dibawah ini:
Kupon < spasi > ( kode akses ) < spasi > ( nomor rekening ) kirim ke 69888
Contoh:
KUPON 1234 1234567890 kirim ke 69888

5. Informasi Deposito *1)
Deposito < spasi > ( no. Bilyet ) < spasi > ( kode akses ) kirim ke 69888
Contoh:
DEPOSITO 123456 1234 kirim ke 69888

Cara Aman Bertransaksi Melalui BCA SMS Banking

  1. Pastikan nomor ponsel yang terdaftar pada layanan BCA SMS Banking merupakan nomor ponsel pribadi Kamu.
  2. Hubungi BCA Call atau cabang BCA terdekat apabila ponsel Kamu yang terdaftar pada BCA SMS Banking hilang
  3. Berhati-hati dalam menggunakan KODE AKSES SMS BCA, agar tidak terlihat oleh orang lain.
  4. Jangan memberitahukan KODE AKSES SMS BCA kepada orang lain untuk mendapatkan hadiah atau tujuan lainnya termasuk kepada anggota keluarga atau sahabat.
  5. Jangan menggunakan nomor telepon selular yang diberikan oleh orang lain.
  6. Jangan menggunakan KODE AKSES SMS BCA yang diberikan oleh orang lain atau yang mudah diterka seperti tanggal lahir atau kombinasinya, nomor telepon, dan lain-lain.
  7. Jangan menuliskan KODE AKSES SMS BCA pada meja, telepon selular, atau menyimpannya dalam bentuk tertulis atau sarana penyimpanan lainnya yang memungkinkan untuk diketahui orang lain.
  8. Segera hapus Sent Item Kamu setelah melakukan transaksi.


Demikian informasi tentang Cara SMS Banking Bank BCA. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia.

0 komentar